About Oxygen Theme

About Oxygen Theme

Selanjutnya yang ada dalam benak saya setelah memperbaiki postingan awal blog ini adalah bagaimana cara agar supaya mood saya untuk nulis terus ada. Salah satunya adalah fasilitas yang memadai seperti koneksi internet tentunya, dan blog itu sendiri. Kenapa wordpress? ya mungkin dari sisi desain/tampilan/theme-nya yang simple tapi unik.

Berangkat dari benak tersebut, blog saya ini haruslah nyaman, tentunya dengan pilihan theme/tema yang sesuai. Syukur wordpress memberikan layanan tema gratis yang unik-unik salah satunya tema Oxygen yang saya pakai ini. Langkah instalasi temanyapun cukup mudah, tinggal menekan tombol Activate maka voila! temanyapun sudah terinstal.

Segera saya melihat hasilnya, dan….. Dafuk! tidak sesuai dugaan. Contoh live demo tema dengan apa yang terinstal di blog saya sangat berbeda. Tidak ada  gambar slide show dan tidak ada desain kategori yang sama persis seperti apa yang ada di live demo.

Kecewa sihh… tapi berkat rasa ngoprek yang tinggi sayapun mencari solusinya. Dan ternyata ada beberapa hal yang saya baru ketahui tentang paging dan posting pada wordpress. Berikut adalah kutipan dari developer tema Oxygen dalam petunjuk penggunaan temanya.

The Showcase Page template offers a featured slider for Sticky Posts. To use the template, create or edit a page, and assign it to the Showcase Page template from the Page Attributes module. If you’d like use the Showcase Page template on your front page, go to Settings → Reading and set the Front page option to Static Page. Select the page you just assigned the Showcase Page template to as your front page and then choose another page to serve as your blog page.

Yang intinya dalam teknik paging (pembuatan page) ada yang namanya modul page atribut yang dapat disetting menjadi showcase page. Setelah itu, showcase page tersebut dibuat menjadi halaman utama dengan cara merubah reading pada setting ke static page. Nah, disini langkah awalnya adalah membuat page baru dengan nama HOME (showcase page) dan BLOG (default template). Pada setting reading,  bagian Front page displays, dibuat front page: HOME, post page: BLOG.

To get the most of this theme, setting Featured Images is important.

Post thumbnails are 470 pixels wide, unless you make the post Sticky to show off in the featured slider, in which case they’re 750 pixels wide. Keep in mind: if you mark a post as Sticky but the featured image is less than 750 pixels wide, then it won’t display in the slider and will still disappear from the river of posts.

Kalau yang di atas itu intinya jika ingin membuat picture slideshow, harus memiliki minimal 6 post yang di sticky dan dalam post tersebut mencantumkan featured images dengan ketentuan width image tersebut tidak boleh kurang dari 750 pixel namun saya mencoba dengan ukuran gambar 800 pixel malah tidak mau oleh karena itu saya setting setiap gambar pada sticky post menjadi 750 pixel pada widthnya.